MAKALAH
SUMBER
BELAJAR DI AUD
“
PENGEMBANGAN
SUMBER BELAJAR DI AUD”
Nama
:
CICI RATNA SARI
Nim
/ Bp :
1200811 / 2012
JURUSAN
PG – PAUD
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2014
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
segala puji bagi ALLAH tuhan semesta alam yang telah melimpahkan rahmat dan
karunianya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ujian tengah semester dengan
mata kuliah Pengembangan Sumber Belajar AUD tentang “Pengertian Sumber
Belajar”.
Kami
ucapkan terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada
kami untuk menyelesaikan makalah ini. Selanjutnya kepada dosen pembimbing yang
telah mengarahkan kami dalam menyelesaikan makalah ini.
Kami
menyadari akan keterbatasan kemampuan yang ada pada kami. Untuk itu saran dan
kritik sangat diharapkan untuk kesempurnaan makalah ini.
Akhirnya
kami mendo’akan mudah - mudahan Makalah ini dapat berguna bagi semua orang dan
juga bermanfaat dalam pengembangan khasanah ilmu pengetahuan dibidang
pendidikan khususnya pendidik AUD.
Padang, April 2014
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………… i
BAB
I PENDAHULAN
A. Latar
Belakang…………………………………………………………………… 1
B. Identifikasi Masalah…………………………………………………….…………
1
C. Batasan
Masalah ………………………………...………………………………..
1
BAB
II PEMBAHASAN
Pengembangan Sumber Belajar Di AUD
A.
Pengertian Sumber Belajar..………………………………….…………………… 2
B. Fungsi
Sumber Belajar………….……………………….………………………… 3
C.
Karakteristik Sumber Belajar……………………………………………………... 5
BAB
III PENUTUP
A.
Kesimpulan…………………………………………………………………………6
B. Saran……………………………………………………………………………… 6
Dartar Pustaka
i
BAB I
PENDAHULUAN
I.
Latar belakang
Pada prinsipnya,bahan ajar yang dipandang cocok bagi
anak TK adalah yang sederhana,konkret,sesuai dengan dunia kehidupan anak
terkait dengan situasi pengalaman langsung,atraktif dan berwarna,mengundang
rasa ingin tahu anak, bermanfaat dan terkait dengan kegiatan bermain anak.
Untuk itu, kita sebagai calon pendidik AUD harus mengetahui sumber belajar dan
mempelajarinya.
Maka dari itu kami menyelesaikan makalah yang
diberikan oleh dosen pembimbing tentang Pengembangan Sumber Belajar AUD.
II.
Identifikasi masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dapat
identifikasi masalahnya sebagai berikut :
1.
Apa itu pengertian sumber belajar ?
2.
Apa fungsi sumber belajar ?
3.
Bagaimana karakteristik sumber belajar ?
III.
Batasan masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas batasan
masalahnya adalah sebagai berikut :
1.
Pengertian sumber belajar
2.
Fungsi sumber belajar
3.
Karakteristik sumber belajar
Tujuan
Tujuan
penulisan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas.selain itu juga untuk
mengetahui pengertian sumber belajar, dan fungsi sumber belajar, serta
karakteristiknya.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Sumber Belajar
Sumber
belajar adalah sumber pengetahuan yang memiliki beberapa macam pengertian,
yaitu sumber belajar di tinjau dalam pengertian yang sempit sampai pada
pengertian yang luas.
Sumber belajar dalam cakupan yang sempit maka sumber belajar hanya tercakup pada buku-buku atau bahan-bahan tercetak lainnya seperti majalah, buletin dan sebagainya. Dan dapat diartikan sebagai semua sarana pengajaran yang dapat menyajikan pesan yang dapat di dengar (secara auditif) maupun yang dapat di lihat (secara visual) saja. Misalnya radio, televisi dan perangkat keras (hardware).
Sumber belajar dalam cakupan yang sempit maka sumber belajar hanya tercakup pada buku-buku atau bahan-bahan tercetak lainnya seperti majalah, buletin dan sebagainya. Dan dapat diartikan sebagai semua sarana pengajaran yang dapat menyajikan pesan yang dapat di dengar (secara auditif) maupun yang dapat di lihat (secara visual) saja. Misalnya radio, televisi dan perangkat keras (hardware).
Pengertian sumber belajar menurut para ahli :
Adapun sumber belajar secara lebih luas dapat
dilihat dari beberapa pendapat para ahli berikut ini:
·
Torkleson (1965) mengatakan bahwa sumber belajar
adalah segala sesuatu yang di gunakan untuk kepentingan pelajaran yaitu segala
yang ada di sekolah pada masa lalu, sekarang dan yang akan datang. Definisi ini
mementingkan kata kepentingan pelajaran yang menunjukkan bahwa sumber belajar
dan pemanfaatannya adalah memberdayakan berbagai sumber, tidak hanya terbatas
pada buku atau alat-alat yang dapat di dengar dan dapat di lihat saja, namun
sesuatu yang dapat di manfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar.
·
Nana Sudjana (1997) berpendapat bahwa sumber belajar
segala daya yang dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada seseorang dalam
belajarnya. Atau dalam proses pembelajaran baik secara langsung atau tidak
langsung, sebagian atau secara keseluruhan.
·
AECT (Association For Educational Communication And
Technology) (1995) mengatakan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang
berupa pesan, manusia, material (media software), peralatan (hardware), teknik
(metode) dan lingkungan yang di gunakan secara sendiri-sendiri maupun di
kombinasikan untuk memfasilitasi terjadinya kegiatan belajar. Yang artinya
sumber belajar menurut AECT tidak terbatas pada buku saja akan tetapi lebih
luas dan terperinci, yaitu meliputi : pesan, orang, bahan, berbagai peralatan,
teknik dan lingkungan adalah sumber belajar lain yang sangat potensial
digunakan dalam membantu mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak yaitu
segala sesuatu yang berupa pesan, manusia, material, peralatan teknik dan
lingkungan.
·
Aggani Sudoso (1995) arti sumber belajar adalah
segala macam yang dapat di gunakan untuk memberikan informasi maupun berbagai
keterampilan kepada murid maupun guru. Maksudnya memberikan masukan dan
informasi maupun pengertian pada anak sehingga anak berminat dan menimbulkan
rasa ingin tahun. Pengertian ini memberikan penguatan terhadap aspek manfaat
dari sumber belajar yang tidak hanya terfokus pada anak melainkan juga guru.
·
Anna Suhaenah (1998). Mengatakan bahwa sumber
belajar adalah manusi, bahan, kejadian, peristiwa, setting, teknis yang
membangun kondisi yang memberikan kemudahan bagi anak didik untuk belajar
memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap.
·
AECT (1986). Mengatakan bahwa sumber belajar
(untuk teknologi pendidikan) meliputi semua sumber (data, orang dan barang)
yang dapat dipergunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk
gabungan, biasanya dalam situasi informal untuk memberi fasilitas belajar.
·
Menurut Sudjana & Rivai (1989:77), sumber
belajar adalah segala daya yang dapat dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada
seseorang dalam belajarnya.
·
Menurut Sri Anitah (2008:5), sumber belajar adalah
segala sesuatu yg dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan belajar.
·
Menurut Pawit M. Yusuf (2010:250), sumber belajar
adalah segala jenis media, benda, data, fakta, ide, orang, dan lain lain yang
dapat mempermudah terjadinya proses belajar.
B. Fungsi Sumber Belajar
·
Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan
jalan:
o
Mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk
menggunakan waktu secara lebih baik
o
Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga
dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.
·
Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya
lebih individual, dengan cara:
o
Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional
o
Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang
sesuai dengan kemampuannnya.
·
Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap
pembelajaran dengan cara :
o
Perancangan program pembelajaran yang lebih
sistematis
o
Pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh
penelitian.
·
Lebih memantapkan pembelajaran, dengan jalan:
o
Meningkatkan kemampuan sumber belajar
o
Penyajian informasi dan bahan secara lebih kongkrit.
·
Memungkinkan belajar secara seketika, yaitu:
o
Mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang
bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya kongkrit
o
Memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.
·
Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas,
dengan menyajikan informasi yang mampu menembus batas geografis.
·
Memberikan kesempatan untuk mendapat pengetahuan dan
memperkaya anak dengan menggunakan berbagai alat,buku,narasumber dan semua hal
yang menambah pengetahuan anak.
·
Meningkatkan perkembangan anak dalam berbahasa yaitu
dengan berkomunikasi dengan nara sumber.
·
Sarana mengembangkan keterampilan memproseskan
perolehan
·
Mengeratkan hubungan antara siswa dengan lingkungan
·
Mengembangkan pengalaman dan pengetahuan siswa
·
Membuat proses belajar-mengajar lebih bermakna.
Sumber belajar pada hakekatnya bertujuan untuk
mengembangkan berbagai potensi yang sesuai dengan karakteristik anak. Untuk itu
sangat beragam dan bervareasi baik dalam hal kemampuan, sikap serta
minatnya. Oleh sebab itu sumber belajar bagi anak TK sangat menentukan
keberhasilan anak. Dengan sumber belajar anak dapat menjelajahi sumber
pengalaman belajarnya, sehingga anak termotivasi dan mendapatkan kemudahan
dalam kegiatan belajarnya. Belajr bagi anak TK tidak di rasakan sebagai beban
tetapi menjadi bermain yang menyenangkan dan tidak membosankan.
Sumber belajar dapat menjadikan pembelajaran
berlangsung secara optimal dan efektif, apabila sang guru kreatif merancang
pemanfaatan dari berbagai sumber belajar tersebut.
C. Karakteristik Sumber Belajar
Karakteristik sumber belajar yaitu :
·
Bisa dijadikan sebagai bahan untuk dipelajari atau
memberikan informasi dan pengetahuan tentang suatu hal
·
Sumber belajar meliputi, pesan, orang, bahan, alat,
teknik, dan latar.
·
Pada prinsipnya, bahan ajar yang
dipandang cocok bagi anak TK adalah yang sederhana, konkret, sesuai dengan
dunia kehidupan anak terkait dengan situasi pengalaman langsung, atraktif dan
berwarna,mengundang rasa ingin tahu anak, bermanfaat dan terkait dengan
kegiatan bermain anak.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sumber
belajar di tinjau dalam pengertian yang sempit sampai pada pengertian yang
luas.
Sumber belajar dalam cakupan yang sempit maka sumber belajar hanya tercakup pada buku-buku atau bahan-bahan tercetak lainnya seperti majalah, buletin dan sebagainya. Dan dapat diartikan sebagai semua sarana pengajaran yang dapat menyajikan pesan yang dapat di dengar (secara auditif) maupun yang dapat di lihat (secara visual) saja. Misalnya radio, televisi dan perangkat keras (hardware).
Sumber belajar dalam cakupan yang sempit maka sumber belajar hanya tercakup pada buku-buku atau bahan-bahan tercetak lainnya seperti majalah, buletin dan sebagainya. Dan dapat diartikan sebagai semua sarana pengajaran yang dapat menyajikan pesan yang dapat di dengar (secara auditif) maupun yang dapat di lihat (secara visual) saja. Misalnya radio, televisi dan perangkat keras (hardware).
Sumber
belajar pada hakekatnya bertujuan untuk mengembangkan berbagai potensi yang
sesuai dengan karakteristik anak. Untuk itu sangat beragam dan bervareasi baik
dalam hal kemampuan, sikap serta minatnya. Oleh sebab itu sumber belajar
bagi anak TK sangat menentukan keberhasilan anak.dan bahan ajar yang dipandang
cocok bagi anak TK adalah yang sederhana,konkret,sesuai dengan dunia kehidupan
anak terkait dengan situasi pengalaman langsung,atraktif dan
berwarna,mengundang rasa ingin tahu anak, bermanfaat dan terkait dengan
kegiatan bermain anak.
B.
Saran
Berdasarkan
kesimpulan diatas maka sebaiknya kita sebagai calon pendidik anak usia dini
perlu mengetahui apa itu sumber belajar,fungsi dan karakteristik sumber
belajar,agar kita dapat mudah untuk memberi pelajaran kepada anak didik dan
dengan adanya sumber belajar maka tujuan pembelajaran akan tercapai.
DAFTAR PUSTAKA
Anggaini
Sudono. 1995. Alat Permainan Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Depdikbud
Eliyawati,
Cucu. 2008. Media Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hartati,Sri.2009.
Media Pembelajaran AUD. Padang : FIP UNP
Tim
Penyusun.2004. Belajar dan Pembelajaran. Padang :FIP UNP
Zaman,Badru,dkk.2009.media
dan sumber belajar di TK.jakarta:Universitas Terbuka
0 komentar:
Posting Komentar