Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Makalah Pengembangan Sumber Belajar Di AUD


MAKALAH
SUMBER BELAJAR DI AUD

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR DI AUD





Nama  :  CICI RATNA SARI
Nim / Bp  :  1200811 / 2012




JURUSAN PG – PAUD
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2014






KATA PENGANTAR

Alhamdulillah segala puji bagi ALLAH tuhan semesta alam yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ujian tengah semester dengan mata kuliah Pengembangan Sumber Belajar AUD  tentang “Pengertian Sumber Belajar”.
Kami ucapkan terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menyelesaikan makalah ini. Selanjutnya kepada dosen pembimbing yang telah mengarahkan kami dalam menyelesaikan makalah ini.
Kami menyadari akan keterbatasan kemampuan yang ada pada kami. Untuk itu saran dan kritik sangat diharapkan untuk kesempurnaan makalah ini.
Akhirnya kami mendo’akan mudah - mudahan Makalah ini dapat berguna bagi semua orang dan juga bermanfaat dalam pengembangan khasanah ilmu pengetahuan dibidang pendidikan khususnya pendidik AUD.



                                                                                                 Padang,     April  2014

                                                                                                              Penulis
                                                                     



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI…………………………………………………………………………… i

BAB I  PENDAHULAN
A.    Latar Belakang……………………………………………………………………   1
B.    Identifikasi Masalah…………………………………………………….…………  1       
C.    Batasan Masalah ………………………………...………………………………..  1  

BAB II  PEMBAHASAN
 Pengembangan Sumber Belajar Di AUD
A.    Pengertian Sumber Belajar..………………………………….……………………  2
B.    Fungsi Sumber Belajar………….……………………….………………………… 3
C.    Karakteristik Sumber Belajar……………………………………………………...  5

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan…………………………………………………………………………6
B.    Saran………………………………………………………………………………  6

Dartar Pustaka




i


BAB I
PENDAHULUAN

       I.            Latar belakang
Pada prinsipnya,bahan ajar yang dipandang cocok bagi anak TK adalah yang sederhana,konkret,sesuai dengan dunia kehidupan anak terkait dengan situasi pengalaman langsung,atraktif dan berwarna,mengundang rasa ingin tahu anak, bermanfaat dan terkait dengan kegiatan bermain anak. Untuk itu, kita sebagai calon pendidik AUD harus mengetahui sumber belajar dan mempelajarinya.
Maka dari itu kami menyelesaikan makalah yang diberikan oleh dosen pembimbing tentang Pengembangan Sumber Belajar AUD.
    II.            Identifikasi masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dapat identifikasi masalahnya sebagai berikut :
1.      Apa itu pengertian sumber belajar ?
2.      Apa fungsi sumber belajar ?
3.      Bagaimana karakteristik sumber belajar ?

 III.            Batasan masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas batasan masalahnya adalah sebagai berikut :
1.      Pengertian sumber belajar
2.      Fungsi sumber belajar
3.      Karakteristik sumber belajar
Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas.selain itu juga untuk mengetahui pengertian sumber belajar, dan fungsi sumber belajar, serta karakteristiknya.


BAB II
PEMBAHASAN


A.             Pengertian Sumber Belajar

Sumber belajar adalah sumber pengetahuan yang memiliki beberapa macam pengertian, yaitu sumber belajar di tinjau dalam pengertian yang sempit sampai pada pengertian yang luas.
Sumber belajar dalam cakupan yang sempit maka sumber belajar hanya tercakup pada buku-buku atau bahan-bahan tercetak lainnya seperti majalah, buletin dan sebagainya. Dan dapat diartikan sebagai semua sarana pengajaran yang dapat menyajikan pesan yang dapat di dengar (secara auditif) maupun yang dapat di lihat (secara visual) saja. Misalnya radio, televisi dan perangkat keras (hardware).

Pengertian sumber belajar menurut para ahli :

Adapun sumber belajar secara lebih luas dapat dilihat dari beberapa pendapat para ahli berikut ini:
·         Torkleson (1965) mengatakan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang di gunakan untuk kepentingan pelajaran yaitu segala yang ada di sekolah pada masa lalu, sekarang dan yang akan datang. Definisi ini mementingkan kata kepentingan pelajaran yang menunjukkan bahwa sumber belajar dan pemanfaatannya adalah memberdayakan berbagai sumber, tidak hanya terbatas pada buku atau alat-alat yang dapat di dengar dan dapat di lihat saja, namun sesuatu yang dapat di manfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar.
·         Nana Sudjana (1997) berpendapat bahwa sumber belajar segala daya yang dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada seseorang dalam belajarnya. Atau dalam proses pembelajaran baik secara langsung atau tidak langsung, sebagian atau secara keseluruhan.
·         AECT (Association For Educational Communication And Technology) (1995) mengatakan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang berupa pesan, manusia, material (media software), peralatan (hardware), teknik (metode) dan lingkungan yang di gunakan secara sendiri-sendiri maupun di kombinasikan untuk memfasilitasi terjadinya kegiatan belajar. Yang artinya sumber belajar menurut AECT tidak terbatas pada buku saja akan tetapi lebih luas dan terperinci, yaitu meliputi : pesan, orang, bahan, berbagai peralatan, teknik dan lingkungan adalah sumber belajar lain yang sangat potensial digunakan dalam membantu mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak yaitu segala sesuatu yang berupa pesan, manusia, material, peralatan teknik dan lingkungan.
·         Aggani Sudoso (1995) arti sumber belajar adalah segala macam yang dapat di gunakan untuk memberikan informasi maupun berbagai keterampilan kepada murid maupun guru. Maksudnya memberikan masukan dan informasi maupun pengertian pada anak sehingga anak berminat dan menimbulkan rasa ingin tahun. Pengertian ini memberikan penguatan terhadap aspek manfaat dari sumber belajar yang tidak hanya terfokus pada anak melainkan juga guru.
·         Anna Suhaenah (1998). Mengatakan bahwa sumber belajar adalah manusi, bahan, kejadian, peristiwa, setting, teknis yang membangun kondisi yang memberikan kemudahan bagi anak didik untuk belajar memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap.
·          AECT (1986). Mengatakan bahwa sumber belajar (untuk teknologi pendidikan) meliputi semua sumber (data, orang dan barang) yang dapat dipergunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, biasanya dalam situasi informal untuk memberi fasilitas belajar.
·         Menurut Sudjana & Rivai (1989:77), sumber belajar adalah segala daya yang dapat dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada seseorang dalam belajarnya.
·         Menurut Sri Anitah (2008:5), sumber belajar adalah segala sesuatu yg dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan belajar.
·         Menurut Pawit M. Yusuf (2010:250), sumber belajar adalah segala jenis media, benda, data, fakta, ide, orang, dan lain lain yang dapat mempermudah  terjadinya proses belajar.


B.     Fungsi Sumber Belajar
·         Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan:
o   Mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik
o   Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.
·        Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara:
o  Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional
o  Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
·        Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara :
o   Perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis
o   Pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
·        Lebih memantapkan pembelajaran, dengan jalan:
o   Meningkatkan kemampuan sumber belajar
o   Penyajian informasi dan bahan secara lebih kongkrit.
·        Memungkinkan belajar secara seketika, yaitu:
o   Mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya kongkrit
o   Memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.
·        Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu menembus batas geografis.
·        Memberikan kesempatan untuk mendapat pengetahuan dan memperkaya anak dengan menggunakan berbagai alat,buku,narasumber dan semua hal yang menambah pengetahuan anak.
·        Meningkatkan perkembangan anak dalam berbahasa yaitu dengan berkomunikasi dengan nara sumber.
·         Sarana mengembangkan keterampilan memproseskan perolehan
·         Mengeratkan hubungan antara siswa dengan lingkungan
·         Mengembangkan pengalaman dan pengetahuan siswa
·         Membuat proses belajar-mengajar lebih bermakna.
Sumber belajar pada hakekatnya bertujuan untuk mengembangkan berbagai potensi yang sesuai dengan karakteristik anak. Untuk itu sangat beragam dan bervareasi baik dalam  hal kemampuan, sikap serta minatnya. Oleh sebab itu sumber belajar bagi anak TK sangat menentukan keberhasilan anak. Dengan sumber belajar anak dapat menjelajahi sumber pengalaman belajarnya, sehingga anak termotivasi dan mendapatkan kemudahan dalam kegiatan belajarnya. Belajr bagi anak TK tidak di rasakan sebagai beban tetapi menjadi bermain yang menyenangkan dan tidak membosankan.
Sumber belajar dapat menjadikan pembelajaran berlangsung secara optimal dan efektif, apabila sang guru kreatif merancang pemanfaatan dari berbagai sumber belajar tersebut.

C.    Karakteristik Sumber Belajar
Karakteristik sumber belajar yaitu :
·         Bisa dijadikan sebagai bahan untuk dipelajari atau memberikan informasi dan pengetahuan tentang suatu hal
·         Sumber belajar meliputi, pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar.
·         Pada prinsipnya, bahan ajar yang dipandang cocok bagi anak TK adalah yang sederhana, konkret, sesuai dengan dunia kehidupan anak terkait dengan situasi pengalaman langsung, atraktif dan berwarna,mengundang rasa ingin tahu anak, bermanfaat dan terkait dengan kegiatan bermain anak.










BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan

Sumber belajar di tinjau dalam pengertian yang sempit sampai pada pengertian yang luas.
Sumber belajar dalam cakupan yang sempit maka sumber belajar hanya tercakup pada buku-buku atau bahan-bahan tercetak lainnya seperti majalah, buletin dan sebagainya. Dan dapat diartikan sebagai semua sarana pengajaran yang dapat menyajikan pesan yang dapat di dengar (secara auditif) maupun yang dapat di lihat (secara visual) saja. Misalnya radio, televisi dan perangkat keras (hardware).
Sumber belajar pada hakekatnya bertujuan untuk mengembangkan berbagai potensi yang sesuai dengan karakteristik anak. Untuk itu sangat beragam dan bervareasi baik dalam  hal kemampuan, sikap serta minatnya. Oleh sebab itu sumber belajar bagi anak TK sangat menentukan keberhasilan anak.dan bahan ajar yang dipandang cocok bagi anak TK adalah yang sederhana,konkret,sesuai dengan dunia kehidupan anak terkait dengan situasi pengalaman langsung,atraktif dan berwarna,mengundang rasa ingin tahu anak, bermanfaat dan terkait dengan kegiatan bermain anak.

B.     Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas maka sebaiknya kita sebagai calon pendidik anak usia dini perlu mengetahui apa itu sumber belajar,fungsi dan karakteristik sumber belajar,agar kita dapat mudah untuk memberi pelajaran kepada anak didik dan dengan adanya sumber belajar maka tujuan pembelajaran akan tercapai.



DAFTAR PUSTAKA
Anggaini Sudono. 1995. Alat Permainan Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Depdikbud
Eliyawati, Cucu. 2008. Media Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hartati,Sri.2009. Media Pembelajaran AUD. Padang : FIP UNP
Tim Penyusun.2004. Belajar dan Pembelajaran. Padang :FIP UNP
Zaman,Badru,dkk.2009.media dan sumber belajar di TK.jakarta:Universitas Terbuka

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar